11.28.2011

pemuda dan sosialisasi

   
 masa masa remaja adalah masa dimana manusia dalam masa menuju kedewasaan atau bisa di bilang masa remaja adalah masa peralihan, dalam masa ini remaja atau pemuda memiliki psikologis yang sangat problematis dimana remaja kebanyakan selalu menggunakan nafsu ketimbang pikirannya atau tidak pernah memikirkan jangka panjang apa yang telah mereka lakukan ini disebut dengan anomi, seharusnya orang tua dapat membimbing anak anaknya supaya   perilaku menyimpang yang dilakukan para remaja dapat di minimalisir bahkan dapat dihilangkan, lalu apakah faktor para pemuda atau remaja berperilaku menyimpang?
ada beberapa faktor yang membuat para pemuda berperilaku menyimpang yaitu :
* FAKTOR INTERNAL DALAM KELUARGA
* FAKTOR LINGKUNGAN SEKITAR
* FAKTOR PERGAULAN TEMAN SEBAYA
yang pertama adalah faktor dari keluarga,  ada 2 kemungkinan pengaruh dari keluarga yaitu pengaruh negatif dan pengaruh positif, pengaruh negatifnya bisa dari perilaku orang tua yang tidak mementingkan perasaan dari anaknya, seperti terlalu sibuk bekerja sehingga sang anak merasa menjadi nomor 2 setelah pekerjaan orang tuanya, pengaruh positif terjadi apabila sang orang tua memberi waktu dengan anaknya untuk berkumpul, menasehati, dan mengerti keadaan yang dialami oleh anaknya.
faktor kedua adalah lingkungan sekitar, lingkungan sekitar adalah faktor yang besar untuk membuat jati diri dan keperibadian para pemuda, apabila lingkungannya identik dengan kekerasan dan anarkisme tanpa disadari para pemuda akan mengikuti apa yang ada dalam lingkungan tersebut karena telah sering dan terbiasa melihat sesuatu anarkisme dan menjadikannya hal tersebut biasa dalm pikirannya sehingga muah untuk melakukannya.
sebaliknya jika sang pemuda terebut tinggal dalam suasana yang tentram dan sejahtera, keperibadiannya pun akan menjadi baik.
faktor ketiga adalah faktor pergaulan teman sebaya, dalam hal ini saya tidak menyarankan untuk memilih milih teman tapi ada baiknya kita berteman dengan orang yang keperibadiannya baik, karena pasti akan berpegaruh besar apabila kita bergaul dengan orang yang berkeperibadian buruk.
     dari faktor faktor diatas dapat disimpulkan bahwa  pada masa remaja dapat diibaratkan seperti besi tipis, apa bila kita bengkokan kearah kebaikan maka kebakanlah yang akan menjadi keperibadiannya, jika kita bengkokan kearah negatif pastilah remaja tersebut akan melkukan hal hal yang negatif pula.
pada intinya sosialisasi yang baik antara keluarga lingkungan dan teman sebaya akan menjadikan para pemuda kearah yan positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar