10.26.2011

Ilmu sosial dasar



          ilmu sangat berarti  untuk bekal kita menjalani kehidupan, tanpa ilmu kita tidak akan bisa apa apa, maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan ilmu yang kita butuhkan kita harus terus belajar. sekarang saya akan menjelaskan ilmu yang berkenaan dengan ilmu sosial, saya akan memfokuskan kepada pengertian, tujuan dan batasan ilmu sosial dasar.
          ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial, khususnya masalah masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.
ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
contohnya : membantu sesama, berani mengemukakan pendapat kepada orang lain.
          tujuan ilmu sosial dasar yaitu berguna saat kita terjun langsung ke masyarakat atau lingkungan, mengembangkan sikap-sikap sosial, dan berfungsi sebagai alat pengendalian sosial agar tidak terjadi penyimpangan sosial.
lalu apasih batasan batasan dalam ilmu sosial dasar?
menurut saya ilmu tidak ada batasan namun mungkin kita harus menempatkan diri kita pada saat kita berada pada tempat tertentu dan situasi tertentu sebagai contoh saat kita berada di masjid, kantor, tempat main, pasti pada saat kita berada pada tempat tersebut ucapan,tingkah laku,perbuatan kita berbeda tergantug kita berada dimana.
jadi kesimpulannya ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial yan bertujuan untuk mengembangkan sikap-sikap sosial, dan berfungsi sebagai alat pengendalian sosial agar tidak terjadi penyimpangan sosial. kita harus menempatkan diri pada tempat dan situasi tertentu.






refrensi  :   id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_sosial

4 komentar: