10.27.2011

penduduk, masyarakat, dan kebudayaan

     
         penduduk, masyarakat, dan kebudayaan adalah suatu konsep dimana semua itu tidak bisa di pisahkan karena itu semua saling berkaitan.
saya akan membahas semua tentang penduduk masyarakat, dan kebudayaan.
Penduduk? sebnarnya apa sih definisi dari penduduk?
penduduk adalah sekelompok atau kumpulan manusia yang tinggal dan menempati suatu wilayah atau daerah tertentu, jika kita membicarakan tentang penduduk kita semua pasti tau negara indonesia adalah salah satu negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia, dengan penduduk yang banyak seperti ini seharusnya pemerintah mengimbanginya dengan lapangan pekerjaan yang luas agar tingkat kemiskinan diindonesia dapat berkurang, namun kenyataannya jumlah pengangguran di indonesia terus bertambah setiap tahunnya.
lapangan pekerjaan yang sedikit mengakibatkan penduduk dari desa melakukan urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan makin meningkatkan penduduk kota. ini adalah salah satu faktor jumlah penduduk di suatu daerah terus bertambah khususnya di kota kota besar seperti jakarta.
beratambahnya jumlah penduduk juga di akibatkan oleh angka kelahiran yang terus bertambah .
lalu, apa akibatnya jumlah penduduk yan terlalu banyak?
Jumlah manusia yang makin meningkat memiliki dampak dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan.

1. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Bidang Ekonomi
Dampak kepadatan penduduk terhadap ekonomi adalah pendapatan per kapita berkurang sehingga daya beli masyarakat menurun. Hal ini juga menyebabkan kemampuan menabung masyarakat menurun sehingga dana untuk pembangunan negara berkurang. Akibatnya, lapangan kerja menjadi berkurang dan pengangguran makin meningkat.

2. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Bidang Sosial
Jika lapangan pekerjaan berkurang, maka pengangguran akan meningkat. Hal ini akan meningkatkan kejahatan.

3. Pengaruh Kepadatan Penduduk terhadap Lingkungan
Jumlah penduduk yang makin meningkat menyebabkan kebutuhannya makin meningkat pula. Hal ini berdampak negatif pada lingkungan, yaitu:
1) Makin berkurangnya lahan produktif, seperti sawah dan perkebunan karena lahan tersebut dipakai untuk pemukiman.
2) Makin berkurangnya ketersediaan air bersih. Manusia membutuhkan air bersih untuk keperluan hidupnya. Pertambahan penduduk akan menyebabkan bertambahnya kebutuhan air bersih. Hal ini menyebabkan persediaan air bersih menurun.
3) Pertambahan penduduk juga menyebabkan arus mobilitas meningkat. Akibatnya, kebutuhan alat tranportasi meningkat dan kebutuhan energi seperti minyak bumi meningkat pula. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran udara dan membuat persediaan minyak bumi makin menipis.
4) Pertambahan penduduk juga menyebabkan makin meningkatnya limbah rumah tangga, seperti sampah dan lain-lain. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

         untuk mengendalikan jumlah penduduk yang terus bertambah  kita harus membatasi angka kelahiran yang terus bertambah caranya dengan melakukan program kelurga berencana atau KB.
selain melakukan program KB ada hal lain yang menyababkan jumlah penduduk menjadi berkurang yaitu karena  terjadinya kematian kematian.

        di dalam sebuah penduduk tidak dapat di pungkiri lagi pasti ada kehidupan bermasyarakat di dalamnya,
sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya disebut masyarakat.
masyarakat yang baik adalah masyarakat yang bisa saling menghargai satu sama lainnya.
pada masyarakat pastilah ada suatu budaya atau kebudayaan, kebudayaan dan masyarkat tidak dapat di pisahkan menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.
budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
dari unsur diatas sudah dapt di simpulkan bahwa penduduk, masyarakat dan kebudayaan tidak dapat di pisahkan.




refrensi :   id.wikipedia.org/wiki/Penduduk
                id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat
                id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar