10.27.2011

hubungan individu,keluarga dan masyarakat

    
          kita sebagai mahluk sosial tidak dapat hidup sendirian kita butuh berkomunikasi satu dengan yang lainnya karena manusia memiliki naluri untuk berhubungan dengan orang lain yang disebut “Gregariousness”.
orang yang melakukan sesuatu secara individu bukanlah orang yang hidup menyndiri dan tidak perlu orang lain ada kalanya manusia melakukan sesuatu secara individu, sebagai contoh seperti saat kita sedang ujian, kita tidak boleh bekerja sama untuk mengerjaknnya.
jadi dapat disimpulkan bahwa semua terantung pada waktu dan situasi.
pribadi atau individu yang baik tergantung pada lingkunannya khususnya keluarga, karena keluargalah yang paling dekat dengan kita.
          Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan
keluarga mempunyai arti penting bagi kita karena keluarga selalu memberkan yang terbaik bagi kita,  kleuarga yang baik yaitu keluarga yangcbanyak berkomunikasi, dan yang bisa saing memahami.
peranan keluarga antara ayah, ibu dan anak pastilah berbeda beda seorang ayah mempunyai peran sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.
adapun tugas dari keluarga yaitu :
  1. Pemeliharaan fisik keluarga dan para anggotanya.
  2. Pemeliharaan sumber-sumber daya yang ada dalam keluarga.
  3. Pembagian tugas masing-masing anggotanya sesuai dengan kedudukannya masing-masing.
  4. Sosialisasi antar anggota keluarga.
  5. Pengaturan jumlah anggota keluarga.
  6. Pemeliharaan ketertiban anggota keluarga.
  7. Penempatan anggota-anggota keluarga dalam masyarakat yang lebih luas.
  8. Membangkitkan dorongan dan semangat para anggotanya.
lalu fungsi dari sebuah keluarga yaitu :

  1. Fungsi pendidikan dilihat dari bagaimana keluarga mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak.
  2. Fungsi Sosialisasi anak dilihat dari bagaimana keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.
  3. Fungsi Perlindungan dilihat dari bagaimana keluarga melindungi anak sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.
  4. Fungsi Perasaan dilihat dari bagaimana keluarga secara instuitif merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.
  5. Fungsi Agamma dilihat dari bagaimana keluarga memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga lain melalui kepala keluarga menanamkan keyakinan yang mengatur kehidupan kini dan kehidupan lain setelah dunia.
  6. Fungsi ekonomi dilihat dari bagaimana kepala keluarga mencari penghasilan, mengatur penghasilan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi rkebutuhan-kebutuhan keluarga.
  7. Fungsi Rekreatif dilihat dari bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga, seperti acara nonton TV bersama, bercerita tentang pengalaman masing-masing, dan lainnya.
  8. Fungsi biologis dilihat dari bagaimana keluarga meneruskan keturunan sebagai generasi selanjutnya.
  9. Memberikan kasih sayang, perhatian,dan rasa aman diaantara keluarga, serta membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga.

 dari fungsi di atas dapat disimpulkan bahwa keluarga mempengaruhi psikologis anak atau individu itu sendiri.
          kumpulan dari keluarga keluarga disebut dengan masyarakat, masyarakat pun memiliki andil bagi pertumbuhan psikologis anak atau individu, jika masyarakat melakukan hal yang tidak baik secara tidak langsung anak tersebut akan meniru perilaku yang tidak baik tersebut.
masyarakat menjadi wadah untuk seorang individu melakukan komunikasi dan sosialisasi.
jadi individu, keluarga dan masyarakat itu saling berkaitan satu sama lain.




refrensi :  id.wikipedia.org/wiki/Individu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar