4.28.2013

BIAYA



1. Apa yang dimaksud dengan biaya? dan sebutkan macam-macam biaya!!
Menurut saya, Biaya adalah suatu syarat yang harus ada dalam transaksi jual beli.karena tanpa adanya biaya seseorang tidak dapat melakukan transaksi.

Macam-macam biaya:
Biaya Pabrikasi :
·         Biaya Langsung
·         Biaya Tidak Langsung

Biaya Non-pabrikasi :
·         Biaya Pemasaran
·         Biaya Administrasi

Departemen :
·         Common Cost (Biaya bersama)
·         Joint Cost (Biaya Gabungan)

Periode Akuntansi :
·         Capital Expenditure (Belanja Modal)
·         Revenue Expenditure (Pengeluaran Pendapatan)

Volume Produksi :
·         Biaya Tetap (FC)
·         Biaya Variabel (VC)

2. Jelaskan kurva biaya?
Kurva Biaya adalah digunakan untuk membuat sebuah grafik dari biaya yang sudah dikeluarkan kemudian membuat hasil riset dari kurva tersebut. Maka hasil riset tersebut dilihat apakah suatu perusahaan tersebut mengalami kerugian atau mendapat keuntungan.

3. Jelaskan mengapa konsep biaya perlu dipertimbangkan oleh semua organisasi perusahaan?
Menurut saya, karena suatu perusahaan sebagai salah satu bentuk Organisasi Perusahaan  dalam memberikan pelayanan kepada kustomer harus mengetahui dan memahami penggunanya sehingga produk atau jasa yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing masing konsumen.

4. Jelaskan bagaimana tindakan perusahaan jika tingkat penjualan sangat rendah tetapi perusahaan ingin tetap ada dipasar, konsep seperti apa yang perlu diterapkan perusahaan tersebut?
Perusahaan harus mengerti kebutuhan dari para konsumen, untuk menarik para konsumen dapat melakukan potongan harga .dan mengembalikan harga jika para peminat sudah banyak, dan merasa ketergantungan pada produk tersebut.

5. Coba anda buat pengkategorian biaya!!!
Biaya Penjualan : Biaya Gaji dan Komisi Penjualan; Biaya Advertensi; Biaya Bahan Pembantu untuk bagian penjualan dan toko; Biaya Depresiasi aktiva tetap bagian penjualan; Biaya Depresiasi alat pengangkutan penjualan; Biaya yang berhubungan dengan bagian penjualan.
Biaya Administrasi dan Umum : Biaya Gaji Pimpinan dan Pegawai Kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya Depresiasi Aktiva tetap kantor; Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.

PRODUSEN


1. Apa pengertian dari produsen? dan sebutkan pengkategorian produsen!!!!!
Produsen adalah seorang atau sekelompok orang ataupun badan usaha yang berbentuk suatu usaha yang didirikan sendiri maupun bersama-sama untuk menyelenggarakan kegiatan usaha yang menghasilkan bentuk barang dan jasa untuk mencapai suatu tujuan.

Pengkategorian produsen :
Produsen
Distributor
Agen
Pengecer
Pengguna

2. Apa yang dimaksud dengan perilaku produsen?
Perilaku produsen yaitu suatu kegiatan perbuatan suatu penjual, saat mereka melayani dan mengatur persediaan  agar mendapat laba atau keuntungan

3. Apa yang dimaksud dengan fungsi produksi?
Fungsi Produksi merupakan suatu interaksi antara masukan dengan keluaran. Produksi menggambarkan jumlah keluaran maksimum yang dihasilkan dari satu produksi tertentu.
Empat fungsi terpenting dalam fungsi produksi adalah:
·         -Proses pengolahan, merupakan metode atau teknik yang digunakan untuk pengolahan masukan (inputs).
·         -Jasa-jasa penunjang, merupakan sarana yang berupa pengorganisasian yang perlu untuk penetapan teknik dan metode yang akan dijalankan, sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
·         -Perencanaan, merupakan penetapan keterkaitan dan pengorganisasian dari kegiatan produksi dan operasi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu atau periode tertentu.
·         -Pengendalian atau perawatan, merupakan fungsi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, sehingga maksud dan tujuan untuk penggunaan dan pengolahan masukan (inputs) pada kenyataannya dapat dilaksanakan.

4. Apa yang dimaksud dengan Least Cost Combination?
Least Cost Combination adalah menentukan kombinasi masukan mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan.

5. Bagaimana cara mengoptimalkan produksi?
Mengoptimalkan produksi dengan cara mempekerjakan pegawai yang giat jujur dan mampu menarik konsumen,meningkatkan mutu dan kualitas dari barang yang di jual agar konsumen tidak merasa kecewa,memproduksi barang  dengan kebutuhan para konsumen.

KONSEP ELASTISITAS



1. Apa yang dimaksud dengan elastisitas?
elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variabel dengan perubahan variable lainnya. Dengan kata lain, elastisitas mengukur seberapa besar besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.(Wikipedia)
Jadi elastisitas itu adalah suatu perubahan yang proporsional sebuah variable  dengan variable lainnya. Mengukur seberapa besar kepekaan konsumen terhadap perubahan harga.
2. Mengapa elastisitas perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
Karena daya beli konsumen berbeda beda maka dari itu perusahaan harus mengkaji lebih mendalam agar seluruh kosumen dapat menikmati barang dari perusahaan.
3. Jelaskan konsep elastisitas harga permintaan dan penawaran, silang dan pendapatan!   
·         Elastisitas Harga Permintaan adalah derajat kepekaan/respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang tersebut atau dengan kata lain merupakan perbandingan daripada persentasi perubahan jumlah barang yang diminta dengan presentase perubahaan pada harga dipasar, sesuai dengan hukum permintaan, dimana jika harga naik, maka kuantitas barang turun dan sebaliknya.
·         Elastisitas Harga Penawaran adalah sebagai suatu alat untuk mengukur respon produsen terhadap harga permintaan, hanya saja perbedaan pengertian jumlah abrang diminta diganti dengan jumlah barang yang ditawarkan.
·         Elastisitas Silang adalah elastisitas yang mengukur tingkat kepekaan perubahan jumlah abrang tertentu yang diminta akibat perubahaan harga barang lain. Elastisitas silang berlaku bagi barang-barang subtitusi maupun barang-barang komplenmenter.
·         Elastisitas Pendapatan adalah suatu perubahan daripada pendapatan consumer akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai barang, besarnya pengaruh perubahan tersebut diukur dengan apa yang disebut elastisitas pendapatan.
4. Faktor apa yang menentukan tingkat elastisitas?
·         Tersedianya barang pengganti (substitutability)
·         Pentingnya bagi kehidupan (urgency)
·         Mahalnya (expensiveness), atau besarnya bagian pendapatan konsumen yang dipakai untuk membeli suatu barang.
·         Sifat tahan lamanya (durability) suatu barang
·         Waktu (time)

5. Bagaimana menurut anda tentang konsep elastisitas?
Konsep elastisitas sangat penting dalam bidang ekonomi, sebagai contoh perubahan harga barang dalam perusahaan, ini di lakukan agar perusahaan tetap mendapatkan laba .

KONSUMEN

 1. Apa yang dimaksud perilaku konsumen?
Perilaku konsumen adalah proses atau aktivitas dimana seseorang berhubungan atau berkomunikasi dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan dan pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Bisa juga merupakan hal- hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.


Menurut pendapat pribadi saya prilaku konsumen yaitu watak atau perbuatan seseorang di saat dia ingin mencari membeli dan mengunakan sesuatu yang mereka konsumsi.


2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
menurut saya karena perilaku konsumen satu dengan yang lainnya memiliki kebutuhan dan keinginan hasrat yang berbeda beda, karena itu perusahaan harus mendalami keinginan dari para konsumennya agar produk atau barang yang di perdagangkan dapat laku di pasaran.

3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen?
dalam melihat dan menganalisa perilaku para konsumen para perusahaan harus turun langsung untuk mengetahui apa yang diinginkan para konsumen sebagai contoh perusahaan dapat mencari sampel apa saja yang di minati oleh para konsumen akhir 2 ini, memberi potongan harga dsb.

4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?
menurut saya ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi perilaku para konsumen pada saat mereka berbelanja yaitu faktor keuagan,kebutuhan para konsumen dan lingkungan sekitar 

5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
untuk menyikapi masalah dari perilaku konsumen yaitu konsumen harus dapat mengendalikan hawa nafsunya agar tidak berbelanja yang tidak penting bila perlu atur jadwal untuk berbelanja agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan.